Tetap Sehat dan Cantik Saat Ramadhan

Bismillah, 

Assalamualaikum teman-teman, bagaimana Ramadhan-nya?

InsyaAllah lancar dan tetap semangat yaa.. Sudah hampir memasuki 10 hari terakhir nih beberapa hari lagi. Semoga Allah selalu memudahkan dan membimbing kita dalam beribadah, Aamiin..

Kali ini aku mau share, gimana sih cara aku menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama Rmadhan ini. Penting nih buat mamak-mamak seperti aku. Apalagi Ramadhan kali ini berbeda ya, masih dalam kondisi karantina/ PSBB karena pandemi corona :D



Beberapa tips untuk tetap sehat dan cantik saat Ramadhan 2020 ini diantaranya:

Tidur Cukup

Pahami kebutuhan tubuhmu, kenali jam tidurmu, atur jadwal tidur kemudian buat pola tidur dan jalankan dengan teratur ^^ 

Biasakan menjalankan adab tidur yaitu:
  • Berwudhu
  • Membersihkan/ mengibaskan tempat tidur (bisa dengan sapu lidi)
  • Berbaring pada sisi kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan). Tidak boleh tengkurap.
  • Meniup telapak tangan sambil membaca surat Al-Ikhlas 3x, Al-Falaq 1x, An-Naas 1x. Setelah itu usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan ke seluruh tubuh.
  • Membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah.
  • Membaca doa sebelum tidur
بِسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا.
Bismika allahumma amuutu wa ahyaa. 

Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup.” - HR. Bukhari, no. 6324 dan Muslim, no. 2711


  • Tidur di awal malam, setelah Isya (dan tarawih saat Ramadhan). Tidak begadang.
Kemudian dilanjut dengan membaca Zikir Fatimah sebelum tidur. Zikir ini sebagai penghilang lelah, agar kita lebih cepat terlelap dan saat bangun tidur tubuh terasa lebih segar.

Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.”- HR. Bukhari dan Muslim


  • Adab ketika bangun, duduk terlebih dahulu, kemudian mengusap bekas tidur di wajah, membaca doa bangun tidur dan membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran, lalu mencuci tangan, bersiwak dan berwudhu 


الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ
Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’damaa amaatana wa ilaihin nusyuur

"Segala puji bagi Allah yang menghidupkanku dan mematikanku dan kepada-Nya lah kita dikembalikan” - HR. Bukhari no. 6325, Muslim no. 2711

Perbanyak makan buah dan minum air putih saat berbuka puasa dan sahur

Sebaiknya hindari gorengan, santan dan sirup. Alihkan ke buah-buahan. Buah lebih mengandung vitamin dan mineral, bisa lebih menutrisi tubuh, menambah cairan tubuh dan bagus untuk kulit. Perbanyak minum air putih, atur supaya kebutuhan tubuh terpenuhi. Saat berbuka, upayakan tidak langsung makan makanan berat, jangan terlalu kenyang saat berbuka puasa, bisa membuat kita malas beribadah (sholat).

Menjaga kebersihan tubuh dan merawat diri

  • Sering Wudhu/ Menjaga Wudhu.
Dari Abu Buraidah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata,
يَا بِلاَلُ بِمَ سَبَقْتَنِى إِلَى الْجَنَّةِ مَا دَخَلْتُ الْجَنَّةَ قَطُّ إِلاَّ سَمِعْتُ خَشْخَشَتَكَ أَمَامِى دَخَلْتُ الْبَارِحَةَ الْجَنَّةَ فَسَمِعْتُ خَشْخَشَتَكَ أَمَامِى
“Wahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.”
Bilal menjawab,
يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَذَّنْتُ قَطُّ إِلاَّ صَلَّيْتُ رَكْعَتَيْنِ وَمَا أَصَابَنِى حَدَثٌ قَطُّ إِلاَّ تَوَضَّأْتُ عِنْدَهَا وَرَأَيْتُ أَنَّ لِلَّهِ عَلَىَّ رَكْعَتَيْنِ
Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” - HR. Tirmidzi no. 3689 dan Ahmad 5: 354. 
  • Rutin menggosok gigi/ bersiwak. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kontrol kesehatan gigi 6 bulan sekali.
  • Cuci tangan dengan sabun. Pakai hand krim setelahnya jika terasa kering.
  • Mandi minimal 2x sehari. Memakai lulur tubuh seminggu sekali (jika perlu). Setelah mandi, pakai handbody lotion atau body butter untuk melembabkan.
  • Keramas 2 hari sekali. Memakai conditioner setelah shampoo dan memakai masker rambut seminggu sekali (jika perlu).
  • Membasuh muka. Menjaga kelembaban wajah dengan memakai pelembab wajah dan tabir surya. Menjaga kelembaban bibir dengan memakai lip balm.
  • Menggunting kuku, rambut pada ketiak dan kemaluan.
  • Ganti baju secara rutin, jika pakaian terasa lembab, segera ganti. Terutama pakaian dalam.
  • Jaga kebersihan Miss V. Jika menstruasi, sering ganti pembalut wanita (hindari pemakaian terlalu lama).
  • Perbanyak senyum. 
  • Konsumsi suplemen jika memang diperlukan.'

Olahraga ringan

Biar badan ga kaku, rutinkan untuk olahraga ringan setiap pagi hari.
Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah:


---





15 comments

  1. Terima kasih tips dan informasi nya, mba.. masih sering melewatkan beberapa adab sebelum tidur, apalagi kalo sedang capek dan ngantuk parah. Semoga bisa lebih disiplin agar menjadi kebiasaan baik 😊

    BalasHapus
  2. Kalau aku olahraga nih yang masih jadi pr banget. Padahal keliata sepele tapi sangat berpengaruh untuk kebugaran kita ya.

    BalasHapus
  3. Makasih dah berbagi tips Mba... Senyummm

    BalasHapus
  4. Jazakillah tipsnya, saya juga pake skwadfitnes buat olahraga ringan, bagus2 infonya ya.

    BalasHapus
  5. Wah nambah ilmu baru akutuh adab bangun tidur❤️ jazakillah khayr mb.. Nice sharing

    BalasHapus
  6. Saya olahraganya masih PR banget ni🤣

    BalasHapus
  7. Lengkap banget Mba 😊. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  8. kadang lupa senyum karena udah sumpek kelamaan di rumah. dan bawaannya lupa mulu kalau harus minum suplemen hehehe

    BalasHapus
  9. MASYA Allah dri mulai bangun tidur smpe mau tidur kembali smua diatur dlam islam ya mba..tpi kok ya masih aja ga sesuai ini manusia 😢

    BalasHapus
  10. masyaaAllah...nice sharing mba

    BalasHapus
  11. masya allah, nice share mbaa :)

    BalasHapus
  12. Terima kasih sharingnya mba, semoga bisa menhgamalkan terutama untuk adab tidur dan bangun..

    BalasHapus
  13. jazakillah khair untuk sharingnya ❤️

    BalasHapus
  14. Langsung praktek stretching aku mbak.... Makasih infonya.

    BalasHapus
  15. Terima kasih infonya Mba

    BalasHapus